Problems in College

Terakhir nulis disini............ hmm, ospek!!! Hahahaha, sumpah itu pengalaman konyol. Disuruh-suruh nggak jelas, dimarah-marahin nggak jelas, dibentak-bentak nggak jelas. Salah nggak salah dimarahin. Sampe yang nggak salah pun ikut dihukum dan dimarahin saking polosnya orang hahaha (lirik orang yang bersangkutan). Oia, belum sempet cerita yang pas Pekan Keakraban Mahasiswa (PKM) Ilmu Komunikasi hahaha. Menurutku itu lebih parah dari yang namanya ospek. Mungkin lebih kejam, hahaha. Tapi ya udahlah yaa, itu udah kemarin. Sekarang yaa sekarang.

Sekarang apa ya??
Oh iyaa, nggak kerasa udah ada 6 bulan kuliah. Berarti udah setengah tahun aku duduk di bangku kuliah (dan 3 tahun lagi saya mendapat gelar S.Sos, amiiiin). Apa ya? Ngerasa ada yang berubah gitu, semenjak kuliah. Udah makin kesini tuh, makin serius. Biarpun di kelas masih sering ngantuk, hahahaha. Iyaa, sih tapi bener. Aku kuliah satu hari itu dua mata kuliah. Bayangin kuliah dari jam 07.30 sampai jam 11.35, istirahat cuma 5 menit, itu pun kalo ada. Kalo dosen udah kepepet keburu masuk kelas, yaa mana sempet, hahahaha. Paling cuma minum air putih doang. 

Kalo udah gini, aduh ngantuk itu selalu datang disaat yang nggak pas banget. Materi nggak masuk di pikiran, tulisan di kertas tuh yang tadinya rapiiiiiiii kecil-kecil kayak semut, jadi gede-gede kayak gajah terus huruf tuh bisa numpuk. Nah loh?? Gimana tuh huruf jadi numpuk?? Yang dipikiran pas lagi ngantuk itu bantal, guling, selimut. Terus belum lagi godaan cuaca yang lagi dingin kayak sekarang (mentang-mentang sekarang lagi hujan hahahaha), beuuuuhh bawaan tuh tidur. Biasanya kalo udah gini, aku pake baca buku, biar keliatannya serius gitu di kelas. Eh, tapi malah ngantuk juga. Cara lain, aku nulis materi dari slide dosen. Semuanya aku tulis di buku (terutama mata kuliah Agama Islam). Hobi banget deh nulis sampe 5-6 lembar bolak-balik. Jadi, waktu mau ujian...... TENANG!!! GUE UDAH PUNYA MATERI!! Hahaha, yang lain sibuk copy data dari dosen, fotocopy catatan temen, aku sih udah ada. Biar kalo lagi nulis banyak yang complain, saking rajinnya. Guys, ini bukan masalah rajin, masalahnya ini ngantuk. Ini salah satu cara buat ngatasin ngantuk berlebih. Solusi ngantuk, yang akhirnya jadi solusi belajar juga hahaha.

Sebenernya aku lebih seneng cara belajar gitu sih, nulis semua materi dari dosen (meskipun ada di literatur ya tetep ditulis hahaha). Soalnya lebih masuk di pikiran. Jadi, habis diterangin gitu, kadang keluar kelas udah lupa lagi yang diajarin apa. Tapi ntar kalo buka literatur langsung inget beberapa yang udah diajarin, dan itu WAJIB hukumnya buat ditulis. Karena saya pelupa hahahaha. Kalo mau ujian, jadi enak. Nggak perlu baca buku literatur yang tebel-tebel. Baca aja catatan yang udah pernah ditulis. Kalo kurang tinggal ditulis intinya, dibaca satu atau dua kali. Jangan dibaca terus-terusan, yang ada malah bikin nervous, terus lupa.

Nggak begitu suka sama hafalan. Soalnya soal ujian yang keluar itu kebanyakan soal nalar. Percuma kan belajar susah payah, yang ditanyakan "apa pendapat Anda mengenai....." atau nggak soalnya kayak gini "Buat contoh proposal kegiatan sesuai tugas yang sudah diberikan". Tugas yang diberikan?? Padahal aku baru dapet tugas itu setelah UTS, waktu sebelum UTS ga pernah dapet tugas, hahaha. Akhirnya pas mau UAS baru dapet tugas bikin proposal. Ada sih, mata kuliah yang mengharuskan hafalan. Tapi dosen nggak menganjurkan mahasiswanya buat hafalan. Soalnya, bakalan terpaku sama buku dan nggak dipikir dulu secara nalar. 

Waktu UTS.....
Mata kuliah aku ada 7 sebenernya. Yang satu mata kuliah udah ujian duluan, ikut prosedur kampus. Jadi, sisanya waktu pekan UTS tinggal 6 mata kuliah. Kesulitan sebenernya nggak ada. Tapi kesulitan datang di mata kuliah inti. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rasanya itu, aduuuuh stress banget. Soal dari dosen 1 sih mudah. Soalnya waktu kuis udah pernah dikasih. Dosen 2?? Ngajar jarang, soalnya susah-susah gampang. Alhamdulillah bisa sih ngerjain, tapi ada yang kurang gitu. Terus, ada lagi di mata kuliah ISBD. Itu aku malah nggak bisa sama sekali. Anehnya, hasilnya dapet bagus, gara-gara jawaban ngarang, hahaha. Yah ga ngarang juga sih. Sedikit masuk akal. Cuma kurang baca. Akibat dari kurang baca akhirnya bingung mau jawab apa. Untung bisa masuk akal jawabannya. Terakhir Dasar-Dasar Manajemen. Nah, ini yang disuruh bikin proposal, hahaha.

Waktu UTS, aku ngerasa aku kurang banget. Dari segi manapun. Berasa nggak maksimal. Janji pun terbuat, janji harus lebih serius lagi buat UAS. Pokoknya UAS nggak boleh lebih gagal dari UTS. Absen, nggak masuk sekali sih. Tapi, bisa ngikutin materinya masihan, alhamdulillah. 

Menjelang UAS, aku mulai nyicil dari satu bulan sebelum UAS. Apapun materi yang aku nggak bisa aku ngejar. Mulai dari ngelengkapin semua catatan, baca mata kuliah inti, dan satu yang masih pengen diwujudin, aktif di tanya jawab. Mau nanya, ada aja halangannya. Yang pertanyaan sama lah, keduluan yang lain lah, macem-macem deh. Yang paling keras aku kejar waktu itu ISBD sama PIK. 13 model komunikasi di PIK aku tulis semuanya detail mulai dari deskripsi sampai skema gambarnya pun aku gambar hehehe. ISBD 5 bab, aku catat semua di buku. Biar belajarnya mudah.

Aku ngelakuin sebenernya cuma buat targetku. Target indeks prestasi diatas 3,5. Sebenernya diatas 3 udah bagus. Cuma apa salahnya buat coba. Mahasiswa teknik yang kuliahnya mesti asistensi dosen, ngitung, mikir, ada yang IP nya 3,8 bahkan sampai 4, masa' aku yang kuliah cuma sekedar baca buku, dengerin dosen, jawab soal nalar, nggak pake asistensi, kuliah pilih jam sendiri, nggak bisa dapat 3,5, atau minim 3 lah. Itu yang aku pikirin sampe sekarang. Dia bisa, kenapa aku nggak?? 

Selesai UAS, libuuuuuuuuurrr.........
Tapi deg-degan juga, kan nilai belum keluar. Hahaha. Nungguin banget tanggal 16 Januari itu nilai diumumkan. Katanyaaaaaaaa. Tapi kok nggak keluar-keluar?? Kejadian kayak gini, bikin mahasiswa semester 1 pada galau. Berasa di PHP. Katanya tanggal 16, taunya molor. Yang harusnya mereka pada libur, tidur enak di rumah, sambil nungguin nilai, malah harus bolak-balik ke kampus nungguin nilai bareng-bareng sama 75 orang temen satu kelas. Ramenya tuh di parkiran!!! Gerombolan anak-anak di kelasku pada ngumpul jadi satu. Mereka ngumpul cuma nungguin nilai. Nungguin doang nggak ada tindakan ya sama aja bohong. Geregetan, akhirnya aku sama temen-temenku maju ke bagian tata usaha fakultas. Katanya sih "iyaaa, nanti siang di upload, ditunggu ya mbak." Oh, oke bu. Nungguuuuuuuuuuu, dan ternyata belum.

Nilai baru keluar, 4 hari kemudian. Tanggal 20 Januari. Pas keluar nilai, kayak dihantam buah kelapa yang gede banget pas tau ada nilai D+ di KHS. Protes pun melayang juga. Nilai UTS Agama aku nggak masuk. Padahal ikut ujian dan saya yakin saya sudah absen waktu itu. Pas masuk ke bagian TU,aku sama temenku langsung deg-degan. Bayangin, nungguin nilai sama lihat IP tuh kayak nungguin hasil ujian nasional #lebaydeh. Hahahaha, maklum baru pertama dapet IP. Pas aku tanyain, ternyataaaaaaa kata si bapak "oh iya, nak, saya lupa, NPM #sekian sampe #sekian belum saya masukkan, sebentar ya, nak". Pas intip-intip daftar nilai, alhamdulillah, bagus. Hehehehe. Seketika, IP langsung naik drastis, hahahaha. Dan langsung dapet omelan dari temen-temen saking naiknya gede banget angkanya.

Gara-gara kejadian ini, aku jadi semangat lagi sekarang. Soalnya, IP diatas 3 bisa ambil mata kuliah semester 4. Nah, saking bingungnya mau KRS-an, bingung mata kuliah semester 4 mau ambil apa. Ada 4 mata kuliah sih yang bisa dipilih. Bahasa Indonesia, Hukum dan Etika Media Massa, Kewirausahaan, sama Teknologi Komunikasi. Aku pengen cari ilmu baru. Dan ilmu baru itu ada dua. Dan saya galau gara-gara ini #haduuuhapasih. Buka BBM tuh, pengen ketawa lihat ekspresi temen-temen pada galau, pada bingung. Bingungnya mereka itu bingung milih mata kuliah semester 4 sama bingung rebutan kelas. Prinsip mereka pokoknya bisa sekelas semua. Prinsipku, pokoknya kuliah PAGI, saking punya efek ngantuk di kuliah siang. Hahahaha, tapi dibalik ketawanya aku, aku juga bingung sih mau milih apa. Setiap pilihan itu ada resiko yang datang dan harus dihadapi. Tapi tinggal kita aja gimana caranya ngehadapi resiko itu :)

1 komentar:

 
Vita_AnggrahiniVita © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter