How to fight this?

Okeeiii, kali ini aku nggak bisa tidur, dan tiba-tiba kepikiran satu hal yang kayaknya seru aku share disini. Penting nggak penting sih sebenernya, tapi beberapa hari ini terjadi di beberapa teman-teman aku, setelah aku sembuh dari Covid-19. 

Guys, Covid-19 masih dimana-mana yaa. Yaa, walaupun aku juga kadang bandel masih suka keluar-keluar, shopping, jalan-jalan kesana sini gak jelas hahaha, tapi tetep protokol kesehatan nomor satu. Jujur, semenjak aku dinyatakan sembuh (setelah 2 kali tes PCR dan dinyatakan negatif), rasa takut sebenernya nggak ada. Tapi protokol kesehatanku lebih ketat. Keseharian berubah drastis. Yang biasanya mau tidur tinggal tidur, sekarang tuh aku lebih suka gosokkin minyak kayu putih ke badan sebelum tidur. Terus bikin teh hangat, kadang suka aku campur pakai minyak kayu putih 2 tetes gitu. Kebiasaan baru yang lain adalah mengurangi minuman dingin haha, sebenernya masih suka minum dingin, ngopi, tapi yaa udah mulai dibatasi karena aku sadar dengan diriku sendiri hahaha.

Jadi, awal bulan ini tepatnya aku dapat kabar dari salah satu teman di tempat kerja lamaku (di salah satu retail store furniture), dia cerita adiknya positif Covid-19 dan bergejala. Dia bilang adiknya anosmia (hilang indra penciuman dan indra perasa), dan sakit tenggorokan. Aku sempet tanya, udah swab atau belum, katanya sudah dan hasilnya positif. Dia minta saran tentang penyembuhan positif Covid-19, terus apa aja yang harus dilakuin, proses penyembuhannya berapa hari.

Terus, selang beberapa hari, aku dapet kabar juga dari salah seorang teman SMA, temen mainku juga karena kemana-mana sama aku hahaha, dia cerita kalo kakaknya terkonfirmasi positif dan dia serumah sama kakaknya dan orangtuanya. Btw, kakaknya nakes (tenaga kesehatan) dari salah satu rumah sakit di Surabaya. Dia sempet panik dan aku bilang "jangan panik", aku suruh dia buat swab sekeluarga, dan sama dia juga minta saran tentang penyembuhan, apa aja yang harus dilakukan, prosesnya berapa hari penyembuhannya.

Guys, ini aku sharing yaa, aku bukan dokter atau apa tapi ini cuma berdasarkan pengalaman dari orang-orang yang sempat dinyatakan positif dan beberapa artikel yang sempet aku baca. Penyembuhan pasien Covid-19, tiap orang itu berbeda-beda. Tergantung imun tubuh. Ada yang sembuhnya cepet, ada yang sembuhnya lama bahkan sampai berbulan-bulan. Itu ada guys!!!

Bagaimana penyembuhanku?? Aku isolasi mandiri waktu itu (ada di postinganku sebelum ini yaa). Jadi aku tinggal sendiri di kosnya nenek. Amunisiku selama isolasi mandiri, yang pasti vitamin, terus telur rebus tuh sehari aku harus habis 2, gimana caranya pokoknya harus makan telur rebus 2 butir. Jujur, aku gak seberapa doyan telur rebus, tapi demi sembuh aku harus makan hahaha. Habis itu buah-buahan, kayak jeruk, apel, pisang, itu bagus sih buat pencegahan dan penyembuhan. Nyemil yang banyak tapi cemilannya jangan yang memicu sakit tenggorokan, batuk, atau pilek yaa. Kita flu aja udah dicurigai Covid-19 lho guys, serem kan yaa hmm. Terus aku minum jamu item, itu rasanya pahit banget jamunya hahaha. Pahitnya itu pahit yang bisa dirasain sih, tapi berefek samping hahaha. Terus minyak kayu putih itu aku minum tapi dicampur teh hangat yaa sama aku gosokin di leher sama punggung dan tiap malam mau tidur aku hirup sehabis kumur air garam. Dan jangan lupa olahraga terus berjemur supaya virusnya hilang hahaha.

Berapa lama proses sembuhku? Aku isolasi mandiri selama 17 hari dan tidak ada gejala sama sekali sehat-sehat aja dari terkonfirmasi. Kok cepet? Inget yaa guys, proses penyembuhan tiap orang beda-beda. Beberapa temen aku sempet bertanya-tanya aku kenapa kok bisa cepet. Guys, ada yang lebih cepet daripada aku hahaha. 

Dapet apa aja selama isolasi mandiri? Okeii, aku sempet dapet pertanyaan ini. Sebenernya Covid-19 ini masuk kategori bencana nasional, dan penanggungannya pun udah dialihkan ke dinas yang berwenang. Menurutku make sense sih, aku isolasi mandiri ya gak dapet apa-apa. Penyembuhan secara mandiri dan diatasi sendiri dengan segala keterbatasanku haha. Mungkin yang di RS Darurat bakalan dapet fasilitas, dan disana tuh mereka di swab 5 hari sekali sampai hasilnya bener-bener negatif. Tapi aku juga nggak begitu paham sih buat prosesnya disana gimana (karena aku tidak mengalaminya guys).

Jadi gitu kenapa aku bisa sembuh dan bagaimana penanganannya. Kalo aku jadi orang awam dan gak pernah kena Covid-19, mungkin aku bakal berpikiran sama kayak orang-orang, "halah, covid cuma demam-demam biasa doang, gak ada yang dirasain". Tapi, semua itu bakalan jadi hectic, jadi ribet, kalo ada salah satu dari anggota keluarga kita atau diri kita sendiri mungkin yang kena. Orang pasti bakal panik. Bingung, takut. 

Waktu aku kena kemarin, jujur sepi banget aku hahaha. Di kos segede itu aku sendirian, di kamar cuma cekikikan sendiri nonton film, dengerin lagu, video call sama temen-temen kantor, temen-temen kuliah, sedih banget gak bisa ketemu. Sekedar ketemu orangtua aja susah dan aku cukup nyusahin mereka sih. Jujur ya, mama papaku tuh sering banget ke kos cuma nganterin makanan. Papa tuh tiap habis maghrib pasti telepon cuma nanyain "mau ditemenin di kamar bawah?" (kebetulan kamar yg aku tempatin itu ada connecting door nya jadi berasa rumah sendiri hahaha), dan aku pasti bilang gamau karena takut nularin. Mama juga ke kos nganterin makanan doang, dan aku mesti bilang aku makan sendiri. Tapi mama tuh pengen nemenin saking karena gak bisanya deket-deket sama aku. Jadi biasanya aku makan di kamar, mama nemenin sambil ngerjakan tugas di kamar bawah. Aku selesai makan mama baru pulang, kadang kalo mama masuk kamarku aja aku udah teriak-teriak dan ngomel hahaha. 

Tetep hati-hati yaa guys diluar sana. Tidak ada larangan buat mau kemana-mana, tapi diusahakan protokol kesehatannya tetep dijaga. Stay safe!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Vita_AnggrahiniVita © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter