HEY JOBSEEKERS!

Mau kerja dimana ya?? Sebagai apa ya??
Itu mungkin pertanyaan yang sering muncul di benak kita ketika berakhirnya masa pendidikan. Aku juga gitu sih hahaha. Lulus kuliah kemarin, sudah lega udah nggak berkutat sama yang namanya tugas apalagi skripsi ya kan, bikin konsepnya yang susah hahaha 😂.

Aku mau cerita nih..................

Kalo inget dulu jaman awal kuliah, cita-cita mau kerja dimana, jujur aku belom kepikiran sama sekali yang namanya "ntar kerja dimana ya", itu nggak sama sekali. Baru kepikiran waktu semester 5 kuliah. Ceritanya habis ada obrolan singkat sama mama.

Mama sering banget nyeritain ke aku sama adikku tentang perjuangan Beliau cari kerja dulu. Mamaku kuliah lama banget. Awalnya mamaku kuliah D-III di salah satu PTN di Surabaya. Lulus D-III, mamaku lanjut kuliah ke S-1 (jaman dulu dari Diploma bisa transfer ke S1, sekarang ga bisa karena ada penyetaraan). Mamaku tuh tipikal orang pekerja keras. Dari jaman kuliah D-III udah kerja, jadi guru les privat. Setiap selesai kuliah, itu langsung kerja ke rumah muridnya sampe malem, dan naik angkot. Kuliah D-III sambil kerja, biaya kuliah sendiri, sampai akhirnya dulu bisa beli sepeda motor sendiri patungan sama almarhum kakaknya mama. Baru lulus D-III, masuk S-1 mamaku baru bisa ngerasain ke kampus naik kendaraan yang dibeli uang sendiri, kemana-mana nggak tergantung orang, miss independent banget deh mama tuh jaman dulu (walaupun waktu itu udah pacaran sama papa, tapi tetep aja kemana-mana maunya sendiri dan nggak tergantung papa sama sekali).

Lulus S-1, posisi mamaku sama kayak posisiku waktu kemarin lulus. Cari kerja. Bikin surat lamaran tulis tangan, bikin curriculum vitae, nyiapin pas foto, dan lain-lain. Cita-cita mamaku itu waktu kuliah adalah jadi tentara hahahaha (ngebayangin mamaku kalo jadi tentara gimana hahaha). Waktu kuliah tuh sempet mau gabung UKM Menwa (Resimen Mahasiswa). Tapi sama almarhum yangkung (ayahnya mama) itu nggak boleh, katanya "masak perempuan jadi tentara" wkwkwk. Terus yangkung ngasih amanah ke mama, perempuan jadi dosen aja. Yangkung tuh kepengen mama jadi dosen. Mama suka ngajar dari dulu, suka sharing, bagi-bagi ilmu, mama baru kepikiran dan ngerasa enak jadi dosen, katanya.

Tapi, lulus S-1 mama nggak langsung jadi dosen. Antara tahun 1994-1995, pekerjaan pertama mamaku adalah jadi Sales yang berjualan kursi office. Selama 3 bulan, mamaku tuh keliling ke perusahaan-perusahaan nawarin kursi kantor. Tiga bulan ngerasain keliling-keliling sana sini, akhirnya tiga bulan berikutnya mama ditarik sama bosnya buat kerja di office (di dalam ruangan). Karena background pendidikan mama orang teknik, pekerjaan mama nggak fulltime, cuma seminggu tiga kali masuknya. Itu pun mama ngerjakan project desain interior ruangan kerja. Jadi, tiap kantornya mama ada project, mama yang gambar.

Selama 6 bulan itu, mama juga ngelamar-ngelamar ke institusi lain, salah satunya ke kampus aku hehehe. Mama ngejar cita-citanya buat jadi dosen sesuai amanah almarhum yangkung juga. Setelah 6 bulan kerja jadi sales, tahun 1995 mama dipanggil interview di kampus aku dan diterima jadi dosen. Kata mama tiap kali cerita, jadi dosen tuh enak apalagi buat perempuan. Jam kerjanya efektif, terus bisa sharing, masih bisa melakukan pekerjaan rumah (domestic project khusus perempuan).

Setelah denger semua cerita mama dulu jaman cari kerja, sampe sekarang udah kurang lebih 23 tahun jadi dosen, aku terinspirasi seketika. Enak gitu kayaknya jadi dosen. Bisa sharing, jam kerjanya juga office hours (8 jam kerja), masih bisa ngurus kerjaan rumah, kalo sudah berkeluarga juga masih bisa melakukan perannya sebagai seorang istri. Nah, semenjak itu aku mikir. Oke, aku pendamping alhamdulillah ada. Apalagi udah serius dan udah komitmen dari awal, otomatis aku nggak mau main-main dong masalah kerja. Udah harus mikir, pekerjaan apa yang cocok buat aku.

Kebiasaan aku di kampus adalah belajar bareng. Sebenernya aku ngga bisa belajar bareng, dan kalo dibilang pintar, nggak juga. Aku sama kayak kebanyakan mahasiswa di kampus dulu. Pulang kuliah kadang ngelayap, ada tugas kampus juga ngerjakannya mepet-mepet mau dikumpulin, di rumah nggak belajar (belajar kalo ujian doang hahahaha), di rumah main hape mulu, nonton tv, main game, laptopan, aduh bener-bener sama lah. Tapi aku bisa karena ada temen-temen di sekitarku yang banyak hahaha. Jadi, tiap malem tuh kalo ada tugas yang temenku nggak paham tapi aku sedikit paham, aku pasti kasih tau mereka tapi nyontek buku dulu. Jadi ngasih taunya sambil baca-baca buku. Nanti kalo 1 orang ini selesai, ada lagi yang tanya dengan pertanyaan yang sama otomatis aku kan harus mengulang lagi, jelasin lagi dari awal. Akhirnya dari situ aku inget sendiri "oh jadi materi ini kayak begini", "oh jadi teori ini maksudnya begini". Karena sering di-recall di pikiran, jadi inget hehehe.

Jadi, aku bisa juga karena kalian teman-temanku tercinta yang udah pada nanya materi ke aku dulu, apalagi waktu skripsi wkwkwk. Aku tipikal suka baca buku fiksi, tapi ga suka non fiksi. Artinya aku suka baca buku novel, cerpen, berita, dan sebagainya, tapi ga suka baca buku pelajaran karena membosankan wkwkw. Tapi caraku biar ga membosankan adalah aku bikin poin-poin. Ini bisa ditiru yaahh sebagai TIPS 😁.

Jadi, kalo belajar aku tuh baca sambil nulis di kertas. Catatanku sebenernya ada, tapi biar paham aku bikin poin-poin materi dan aku ulas lagi dengan bahasaku sendiri. Baru nanti disempurnakan dan disinkronkan dengan maksud yang ada di buku. Jadi, kalo ada temen tanya di chat apalagi, pasti jawabku sesuai dengan yang aku ulas pake bahasaku sendiri. Karena sering sharing itu tadi akhirnya inget deh. Dan temen-temenku dulu sampe bilang, "calon dosen komunikasi". Selalu aku amin-in kata-katanya mereka hahaha, sapa tau itu rejekiku hahaha.

Dari kebiasaan itu aku mikir, "iyaa ya kenapa ga jadi dosen aja?". Tapi, masalahnya adalah jadi dosen itu ngga gampang sekarang hehehe. Harus punya jenjang pendidikan minimal S-2. Nyelesaiin S-1 aja sampe nangis-nangis, gimana mau S-2, ya kan? Nangis darah mau kuliah S-2 bisa-bisa wkwkw. Kayak yang aku bilang di atas tadi, jadi dosen tuh enak. Benefitnya buat seorang perempuan tuh ada. Dan mamaku, selalu ngasih tau ke aku tiap kali cerita bahwa jadi perempuan meskipun nanti udah berkeluarga sekalipun, harus bekerja. Jangan sampe hanya mengandalkan gaji suaminya, tapi kita sebegai perempuan juga harus kerja. Kenapa??? Pertama persamaan derajat. Perempuan harus sama kuatnya dengan laki-laki, tapi porsinya yang berbeda. Kalo perempuan hanya pelengkap kebutuhan, wajibnya tetap laki-laki. Kedua, sayang sama pendidikan. Udah sekolah lama, SMA 3 tahun sekolah penentuan lulusnya cuma 3 hari UN, kuliah 4 tahun penentuan lulusnya cuma 1 hari sidang. Sayang banget deh. Jadi, apapun background pendidikan kalian aku saranin wahai para perempuan, bekerjalah hahaha. Kasian ilmunya udah dapetinnya susah payah, masak hilang gitu aja??

Untungnya, selain dari mamaku, papaku dan pacarku mendukung. Papaku tuh sangat mendukung aku bekerja sesuai dengan porsinya seorang perempuan (bekerja office hours dan menomorsatukan keluarga). Sebenarnya goals-ku dari awal itu sih. Aku punya angan-angan pengen kerja kantoran dengan jam kerja office hours (senin-jumat 8 jam kerja). Tapi, perlu usaha keras buat dapetin itu. Papaku setuju sama angan-anganku itu, emang itu paling efektif banget buat perempuan. Pacarku mendukung juga. Dia tuh tipikal orang yang ngga mau dan nggak bisa lihat aku nganggur ngga ada kerjaan. Dia tuh paling tau kalo aku nganggur pasti ada aja hal-hal negatif yang dipikirin, bawaannya stress terus karena jenuh, dan dia selalu nyaranin aku cari kegiatan supaya pikiran nggak kosong. Lulus kuliah, jangan kelamaan nganggur, cepet cari kerja. Apalagi pacarku selalu berusaha buat gimana caranya aku jadi perempuan mandiri (karena aku manja hahahaha).

Cita-cita jadi dosen, dan dosen harus S-2. Papa mama aku agak keberatan awalnya ketika aku punya cita-cita pengen S-2. Mereka senang aku mau lanjut S-2, karena orangtuaku punya prinsip pendidikan nomor 1. Selagi bisa kuliah kenapa nggak. Tapi, aku punya tanggungan adikku yang harus kuliah di 2019. Kalo aku kuliah S-2, adikku masuk S-1, biaya keluar banyak. Sebagai kakak, aku ngalah sama adikku. Aku menunda kuliah S-2 dan memilih kerja dulu. Karena itu motivasiku kerjaku adalah ngumpulin uang buat kuliah S-2 dimanapun (kalo bisa ke luar negeri alhamdulillah).

Buat jadi dosen, aku ngga muluk-muluk sih. Dalam arti nggak yang harus diperjuangin banget-banget. Aku freshgraduate, dan aku masih pengen cari pengalaman kerja. Alhamdulillah sekarang 2018, aku kerja di perusahaan retail, dan punya banyak temen baru. Walaupun pekerjaan sekarang masih belum sesuai sama yang aku cita-citakan, tapi aku selalu berpikir positif bahwa ini jalan terbaik yang udah dikasih Tuhan buat aku dan semoga jadi awal yang baik buat masuk di dunia kerja. Aku lagi asyik sih menikmati proses yang ada sekarang. Kerja sekarang, aku masih training dapet banyak ilmu, dapet banyak pengalaman dari senior-senior yang udah lama kerja, dan dari pengalaman senior-seniorku di tempat kerja sekarang cukup memotivasi aku buat terus maju. Banyak hal positif yang aku dapet di kerjaan sekarang.

Catatan, semua pekerjaan itu baik. Tinggal diri kita aja, gimana cara membawa semuanya itu jadi positif terus. Semua kerjaan beresiko, semua kerjaan itu sulit, tapi kalo kita ngelakuinnya have fun, tanpa beban, dan enjoy, sesulit apapun semua jadi gampang. Jadi, buat kalian yang masih bingung mau kerja apa, mau jadi apa nanti, pikirin deh dari sekarang apa yang kalian suka, apa yang membuat kalian nyaman. Banyak-banyak belajar dan sharing bisa ngasah motivasi kita buat maju terus ngedapetin apa yang kita mau.

Semangaaaaatttt !!! 😃

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Vita_AnggrahiniVita © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter