Done !!!

"Mungkin belom jodoh"
"Allah sudah ngasih petunjuk sebelum kamu melangkah"
"Masih banyak yang lain, belum jodohnya"

"Orang yang sayang akan kalah sama orang yang selalu ada, tapi orang yang selalu ada akan kalah sama orang yang datang disaat yang tepat"

Itu ungkapan dari beberapa orang terdekatku yang setelah tau kondisiku sekarang. Belum banyak yang tau sih, dan sampai sekarang masih banyak yang nanyain "kapan nih?", "buruan, jangan lama-lama", tapi mereka nggak tau apa yang terjadi sebenernya. 

Yaa bener sih, awalnya emang masih nggak siap buat terima kenyataan kalo "aduh, jomblo nih habis gini", "aduh, sendiri nih", setelah beberapa tahun ini gak pernah ngerasain yang namanya sendiri (sampai lupa rasanya sendiri itu gimana ya kan). Sakit? Iya. Hancur? Banget. Pikirku tuh, kita udah jalan sejauh ini. Bawa hubungan sampai ke 5 tahun tuh berat.

Pasca resign dari kerjaan sebelumnya, aku milih istirahat dan rehat dari semua aktivitas. Ya, jujur sih emang hancur banget. Setelah resign aku nggak cari kerja lagi, aku bener-bener rehat mulihin semuanya. Kesehatan drop, pikiran bener-bener drop. Tapi sebulan setelahnya masalah dateng lagi sampe akhirnya aku harus kehilangan orang terdekatku juga di awal bulan Desember. Well, tanteku, orang yang paling sering banget aku curhatin di keluarga (setelah mama), wafat di awal bulan Desember 2019. Momen beberapa minggu sebelum wafat, aku lega tanteku bisa tau masalah ini dan ngasih banyak banget motivasi sebelum beliaunya operasi dan berujung koma selama dua minggu. 


Tapi jauh sebelum ini semua kejadian, aku sempet kepikiran hal ini sih. Aku lupa tahun berapa, dan waktu itu pas banget habis beli cincin buat nikah. Pulang dari beli cincin itu, aku sempet kepikiran satu hal setelah sholat, "gimana jadinya yaa, cincin udah kebeli, terus ntar nggak jadi nikah?"
Aku sempet kepikiran ini dan yaaa kejadian sekarang. Jadinya, ancur banget. Apalagi dengan keadaan pisahnya nggak jelas.


Eh, kok nggak jelas? Ya emang nggak jelas.

Tiga bulan aku minta kejelasan dan sampe akhirnya aku nyerah, aku udah capek. Capek berjuang sendiri, capek karena harus dapet omongan yang nggak penting, capek karena kenapa aku gak denger langsung alasannya dari mulut dia sendiri, kenapa harus aku denger dari orang lain.

Setelah tiga bulan aku minta kejelasan dan dia tetep nggak jelasin apapun, aku nyerah. Mau nggak mau, aku cari jalan keluar sendiri. I'm done. Aku selesai sama semuanya. Kok sepihak? Terus mau sampai kapan kayak gini? Nungguin sesuatu yang nggak jelas. Nungguin saya sampai mapan? Alasan dia yang terakhir emang udah nggak bisa aku toleransi sih, yaa kebangetan menurutku. Dia kayak bener-bener lupa, siapa yang ada sama dia waktu dia berproses? Sekarang waktunya berbalik. Sekarang aku ada di posisi dia dulu, sebelum dia kayak gini. Nemenin dia berproses sampe bisa jadi kayak sekarang tuh yaa gak gampang menurutku. 

Berjalannya waktu, ya mulai sih beberapa ada yang deket. Tapi sebenernya jujur yaa, setelah kejadian ini, aku kayak masih belum berani dan belum siap buat jatuh cinta lagi hahaha. Gatau kenapa, kayak takut aja gitu, nanti bakal kayak gimana. Mungkin sekarang baiknya aku lagi pengen nikmati sendiri dulu yang nggak tau sampai kapan. Prinsipku emang kalopun nanti ada yang cocok dan aku udah waktunya siap buat membuka hati lagi, ya, kenapa nggak? 

Intinya hubungan yang udah berjalan lama, mau sampe 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, itu belum tentu bisa sampe ke jenjang yang lebih serius. Aku bersyukur banget, Allah masih sayang sama aku, Allah kasih petunjuk ke aku, aku bener-bener kayak dikasih warning "ini calon suamimu? udah siap ngehadapin yang kayak gini?". Nikah tuh impian semua orang ya kan, tinggal dari pribadi kita aja niat apa nggak buat melangkah serius, siap apa nggak, gitu aja sih. Berat emang, apalagi kalo udah mau nikah, ada aja godaannya.

FYI, nulis ini berat loh hahahaha. Tulisan ini sudah sempet dientri di bulan Desember 2019, tapi dihapus (karena berat juga nulisnya). Dan akhirnya ditulis lagi di handphone sambil nungguin flight yang delay gak karuan waktu itu hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Vita_AnggrahiniVita © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter